Bimbingan Teknis Pengembangan Layanan BKK 2018

Tanggal : 13-09-2018 | Kategori: Umum | Penulis: Admin

     Bursa Kerja Khusus (BKK) di SMK adalah sebuah lembaga yang dibentuk di Sekolah menengah Kejuruan yang menjadi mitra Dinas Tenaga Kerja sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja yang menjembatani pencari kerja dengan dunia usaha/kerja dan menjalin kerjasama antara lembaga pendidikan formal dengan dunia usaha/industri sebagai pengguna tenaga kerja yang siap pakai diseluruh Indonesia. Secara umum BKK akan menjalankan fungsi yaitu mempertemukan tamatan SMK dengan dunia usaha/industri yang memerlukan tenaga kerja tingkat menengah; meningkatkan hubungan kerjasama SMK dengan dunia usaha/industri; meningkatkan wawasan calon tamatan/tamatan SMK tentang peluang kerja di dunia usaha/industri; meningkatkan daya serap tamatan SMK memasuki lapangan kerja dan menjadi media untuk unjuk prestasi SMK dalam kebekerjaan lulusannya.

     Dalam upaya meningkatkan pemahaman SMK terhadap pentingnya keberadaan BKK di SMK, Sesuai instruksi dari Direktorat PSMK (Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan) SMKN 2 Klaten mengadakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Pengembangan Layanan Bursa Kerja Khusus (BKK) 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 30 Agustus – 1 September 2018 untuk workshop BKK Online kemudian di lanjutkan tanggal 13 September – 15 September 2018 untuk Kegiatan In House Training (IHT). Kegiatan BIMTEK Pengembangan Layanan BKK 2018 diikuti oleh ±27 SMK Negeri maupun Swasta Se-kabupaten Klaten.

     BIMTEK Pengembangan Layanan BKK 2018 di buka oleh Bapak Dr. Jasmas Indradno, M.Si selaku Kasi SMK BP2MK wilayah III Surakarta, dengan dihadiri oleh Bapak Drs. Budi Sasangka, M.M selaku ketua MKKS SMK Kabupaten Klaten.

     Selanjutnya dilanjutkan materi dari BKK Best Practice Bapak Drs. Hermansyah dari ketua BKK SMK Negeri 5 Yogyakarta dengan materi "Peran BKK dalam Optimalisasi Kinerja Sekolah Menengah Kejuruan (Best Practice) dan Kerjasama SMK dengan DU/DI dalam kebekerjaan dan proses penyaluran yang efektif."

     Paparan Kebijakan program Direktorat PSMK dan BKK di SMK disampaikan oleh ibu Dra. Yulianti Sri Nurhidayati, M.Si. Untuk materi BKK Online disampaikan Bapak Irfan Priyono S.Kom dari SMK PGRI Ponorogo. Kegiatan BIMTEK Pengembangan Layanan BKK 2018 berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan sesi Foto Bersama.

Komentar