Digitalisasi Memperindah Demokrasi di Sekolah

Tanggal : 10-08-2016 | Kategori: Umum | Penulis: adminITSC

Pemilu?

Mendengar kata pemilu pastinya di benak kita langsung terfikir kata demokrasi. Sebuah kata yang berasal dari bahasa Yunani, demos dan kratos. Apa itu demokrasi?

Kita sering mendengar bahwa demokrasi itu sebuah bentuk pemerintahan. Ya benar, pemerintahan yang kekuasaan tertingginya berada di tangan rakyat. Dalam hal ini rakyat memiliki kebebasan untuk ikut berpartisipasi dalam pengambilan kebijakan yang dilakukan pemerintahnya. Banyak manfaat yang bisa diambil dari proses demokrasi. Dapat meningkatkan rasa kerjasama dan gotong royong, meningkatkan rasa tanggung jawab dan terhindarnya tindakan kekerasan merupakan beberapa dari sekian banyak manfaat dari proses demokrasi.

Lalu bagaimanakah penerapan demokrasi di SMK Negeri 2 Klaten, khususnya di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan?

Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 2 Klaten sendiri memiliki sebuah organisasi bernama Information and Technology Study Community (ITSC). ITSC merupakan organisasi komunitas yang bergerak di bidang IT dan terdiri dari 5 divisi yaitu Divisi Application, Divisi Animation, Divisi Design Graphic, Divisi Networking dan Divisi Web Design.

Dalam proses reorganisasi ITSC terdapat beberapa tahap yang harus dilakukan. Mulai dari pencarian para calon pengurus, pelatihan dasar kepemimpinan calon pengurus, pencarian calon presiden dan wakil presiden, kampanye calon presiden dan wakil presiden, debat calon presiden dan wakil presiden, pemilihan presiden dan wakil presiden, pembentukan pengurus baru oleh presiden terpilih dan pelantikan presiden dan wakil presiden beserta pengurus baru.

Dimulai dari pencarian calon pengurus yang ditujukan bagi siswa kelas X yang sebentar lagi akan naik ke kelas XI. Kemudian diadakan pelatihan dasar kepemimpinan yang diberi nama Character and Leadership Building (CALLING). Dalam pelatihan ini juga dilakukan pencarian para calon presiden untuk periode kepengurusan selanjutnya. Setelah pencarian calon presiden dan wakil presiden selesai, tahap selanjutnya adalah setiap pasangan calon presiden dan wakil presiden melakukan kampanye ke seluruh siswa-siswi TKJ SMK N 2 Klaten.

Setelah melakukan kampanye, para pasangan calon presiden dan wakil presiden akan mengikuti debat calon presiden dan wakil presiden ITSC. Debat ini disaksikan oleh seluruh siswa kelas X, XI dan XII beserta guru dan karyawan TKJ SMK N 2 Klaten. Pada pelaksanaan debat calon presiden dan wakil presiden ITSC untuk periode 2016/2017 ini dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi digital buatan siswa TKJ yang tergabung dalam anggota Divisi Application. Aplikasi yang dikembangkan menggunakan Visual Basic 2013 ini membuat kegiatan debat semakin menarik karena aplikasi ini mempunyai interface yang cukup user friendly. Selain itu dalam aplikasi ini juga terdapat fitur stopwatch yang mampu mempermudah proses berlangsungnya kegiatan debat.

Setelah debat, tahap selanjutnya adalah pemilhan umum presiden dan wakil presiden ITSC. Istimewanya, kegiatan pemilu ini tidak lagi menggunakan kertas yang dicoblos ataupun dicontreng untuk memilih pasangan. Kegiatan pemilu ini menggunakan aplikasi digital yang dibuat sendiri oleh siswa TKJ SMK N 2 Klaten yang juga tergabung dalam Divisi Application. Untuk kali ini, aplikasi yang digunakan dikembangkan menggunakan Java. Dengan menggunakan aplikasi ini, proses pemilihan menjadi lebih efisien, mudah, murah, dan hemat tenaga serta waktu namun tetap mengusung asas pemilu yaitu LUBER JURDIL.

Setelah tahap pemilihan presiden dan wakil presiden selesai, barulah presiden yang terpilih mulai membentuk susunan kepengurusan ITSC yang baru dan selanjutnya akan segera dilantik.

Tahap-tahap reorganisasi yang dilakukan oleh ITSC yang tersebut diatas menggambarkan penerapan demokrasi yang dilakukan di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Mengingat banyak sekali manfaat dan pentingnya proses demokrasi, maka dengan sungguh-sungguh TKJ SMK N 2 Klaten menjunjung tinggi asas-asas demokrasi, salah satunya lewat kegiatan reorganisasi ITSC tersebut.

 

source : http://itsc-smkn2klaten.net/2016/08/10/digitalisasi-memperindah-demokrasi-di-sekolah/

Komentar